PT. Tangguh Internusa Buana Tangani Logistik ke Wilayah Terpencil

Posted by:     Tags:  , ,     Posted date:  November 30, 2012  |  3 Comments


November 30, 2012


PT. Tangguh Internusa Buana adalah logistic for remote area specialist, yakni perusahaan dengan spesialisasi menangani pengiriman barang ke wilayah yang sulit dijangkau di seluruh Indonesia. Jangkauan pelayanan TIB bahkan sampai ke daerah terpencil dan pulau terluarIndonesia,

Peranan logistik semakin penting bagi upaya memenangkan persaingan bisnis yang ketat dewasa ini. Terutama bagi entitas bisnis yang menetapkan bidang marketing dan sales sebagai titik daya saingnya. Antara lain karena logistik dapat menekan ongkos distribusi produk yang berujung pada peningkatan daya saing produk tersebut dari segi harga jual. Logistik juga berperan penting untuk menembus jalur distribusi yang sulit dijangkau, tatkala diperlukan penyebaran dan pemerataan produk ke banyak tempat dalam waktu yang tepat pula.

Masuknya produk-produk impor yang mengalir secara masif ke Tanah Air telah membuat para produsen lebih fokus pada pengembangan dan inovasi produknya, sementara kegiatan distribusi produk mengharuskan penanganan lebih profesional. Jika tidak bisa dilakukan sendiri, diperlukan perusahaan logistik yang andal dan tepercaya untuk menanganinya. Pada sisi inilah PT. Tangguh Internusa Buana hadir dengan konsep distribusi logistik yang berbeda, kata Tedy Arief Susila, pemilik PT. TIB.

PT. TIB memang hadir belum setahun—didirikan pada September 2011. Namun logistik bukanlah dunia baru bagi Tedy. Ia pernah selama 9 tahun bekerja di perusahaan logistik, sebelum akhirnya ia mengibarkan bendera sendiri. TIB didirikan dengan modal awal yang berasal dari komisi yang diterimanya sebagai sales di tempat kerja sebelumnya. Uang itu digunakan untuk membeli peralatan kantor. Sedangkan uang pesangon yang diterimanya dari perusahaan tempat kerjanya dulu digunakan untuk membiayai pembuatan dokumen persyaratan pendirian perusahaan.

Berdasarkan pengalaman bekerja di perusahaan logistik itu, Tedy men-setup TIB sebagai perusahaan jasa logistik yang berbeda. Di bidang manajemen, TIB didesain sebagai perusahaan jasa logistik dengan manajemen islami. Tedy ingin TIB penuh berkah, ringan membantu sesama dan bekerja dengan prinsip selamat di dunia dan akherat.

Niat saya mendirikan TIB sebagai perusahaan pengiriman yang dijalankan secara islami.  Menjadi benchmark jasa pengiriman yang islami,” kata Tedy. Manajemen islami itu berkaitan dengan keinginannya untuk menjadikan TIB sebagai perusahaan yang bersifat clean logistic company, perusahaan yang bersih.  Bukan hanya produk yang ditangani pengirimannya harus produk-produk yang tidak dilarang oleh syariat agama islam. Juga “Kami meniadakan fee atau komisi kepada customer pada setiap order yang berjalan,” kata Tedy.

Trade mark islami juga diwujudkan dalam kegiatan sebelum memulai kerja, yakni bersedekah di pagi hari, sholat dhuha dan membaca Al-Quran. “Sedekah dilakukan depan. Setiap terbit invoice dikeluarkan sedekah Rp 10.000, dan dibayarkan saat order baru mulai berjalan,” katanya.

 

Kirim Barang ke Wilayah Terpencil

Tedy bercita-cita branding TIB adalah logistic for remote area specialist, yakni perusahaan dengan spesialisasi menangani pengiriman barang ke wilayah yang sulit dijangkau di seluruh Indonesia. Jangkauan pelayanan TIB bahkan sampai ke daerah terpencil dan pulau terluar Indonesia, sebagaimana disematkan dalam motto perusahaan: We Knows Indonesia Better.

Didukung sumberdaya yang solid dan berpengalaman, agen TIB tersebar di 33 provinsi, disertai kelengkapan moda transportasi. Yaitu transportasi darat, menggunakan fuso, tronton, wing box, trailer. Transportasi laut, menggunakan container full dan LCL, breakbulk via LCT atau tongkang. Dan transportasi udara. TIB melayani pengiriman barang ke kota-kota besar di Indonesia (simak boks).

Tedy menjelaskan, TIB mengkonsentrasikan order pengiriman logistik di dalam negeri, yakni 90% dari order yang ditanganinya, sedangkan sisanya (10%) pengiriman ekspor. Jasa yang dilayani adalah pengiriman barang. Antara lain via darat (charter trailer heavy duty, tronton, fuso), via laut (container, kapal cargo, break bulk, charter landing craft tank), via udara (charter pesawat freighter). Konsumen yang ditarget TIB relatif tipis, namun segmennya termasuk niche market karena spesifik. Mereka adalah perusahaan-perusahaan minyak, gas dan energi serta berbagai proyek fisik skala besar.

Target jangka pendek Tedy adalah menghadirkan cabang TIB di Surabaya pada 2013. Dengan konsep pemasaran blue ocean strategy, Tedy mencanangkan strategi mendapatkan konsumen. Yakni dengan membuat infomasi yang diperolehnya senantiasa up to date, melalui kegiatan membaca media berita online lebih dari lima media setiap hari, mengikutu lebih dari 12 milist profesi dan keahlian. Juga melalui visit ke pameran-pameran, dan masuk ke komunitas-komunitas profesi seperti asosiasi logistik Indonesia.

Dengan prinsip “Sahabat Tumbuh Bersama” , TIB memberikan kepada konsumen proses edukasi dan evaluasi yang kontinyu sebagai upaya membangun jaringan distribusi terbaik. Kantor TIB buka enam hari seminggu dengan jadwal jam kerja Senin-Jumat pukul 07.00–17.00 dan Sabtu pukul 07.00–12.00. TIB sengaja hadir lebih awal agar lebih siap melayani konsumen dengan mutu terbaik. (PM)

Rubrik Profil Anggota Anggota Edisi No. 31/September 2012



About the author







Komentar






 

3 Comments for PT. Tangguh Internusa Buana Tangani Logistik ke Wilayah Terpencil

daud

Assalamualaikum wr wb

Bang Tedy,
Saya mau belajar dong dengan abang dalam membangun bisnis logistic yang islami. Clean Logistic Company.

Saya juga sedang mulai usaha bareng dengan teman teman di logistic. Saat ini melayani untuk wilayah jawa.

Mohon ya bang, kalau tidak berkeberatan saya dikontak via email

Wassalamualaikum wr wb
daud

    admin

    Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu

    Untuk Pak Tedy, silahkan hubungi : 0856 9079 685. Demikian, semoga bermanfaat

Benita Z. Chaney

senang juga baca iklan ini, mudah@n kalau ada kesempatan saya bisa melamar kerja di perusahaan ini, saat ini saya masih bekerja di pt nikomas gemilang ass plan export, apabila ada informasi pekerjan yang sekiranya cocok dengan saya,mohon kirim informasi ke email saya .